B737 Max Diprediksi Bisa Terbang Lagi Akhir Maret 2020 - Aviatren

B737 Max Diprediksi Bisa Terbang Lagi Akhir Maret 2020

October 7, 2019

AVIATREN.com – Pilot di Southwest Airlines Co., operator terbesar Boeing 737 Max, memperingatkan bahwa pesawat itu mungkin baru bisa melanjutkan penerbangan komersial pada akhir Maret 2020.

Dikutip AVIATREN dari Bloomberg.com, Senin (7/10/2019), Greg Bowen, Ketua Komite Pelatihan dan Standar di Asosiasi Pilot Maskapai Southwest Airlines, menjelaskan bahwa maskapai berencana agar B737 Max-nya bisa mengangkut penumpang yang telah membayar, setidaknya 45 hingga 60 hari setelah pemerintah AS mencabut larangan terbang.

Presiden Serikat Pilot, Jon Weaks mengatakan bahwa B737 Max setidaknya bisa memulai kembali layanan komersia pada Januari atau Maret 2020 mendatang.

Kepala keuangan maskapai mengatakan, Southwest mengharapkan regulator akan mensertifikasi pesawat yang dilarang terbang, agar bisamelanjutkan penerbangan sebelum perayaan Thanksgiving di AS.

Tinjauan software baru B737 Max oleh FAA dan pengujian oleh pilot “Setidaknya masih butuh 30 hari lagi, atau lebih lama,” kata Bowen dalam sebuah konferensi di Plano, Texas, untuk serikat pilot independen.

Cara kerja fitur MCAS di 737 MAX (The Air Current)

B737 Max telah dilarang terbang di seluruh dunia sejak Maret 2019, setelah dua kecelakaan yang menewaskan total 346 orang dalam waktu lima bulan (Lion Air JT610 dan Ethiopian E302).

“Kami sedang menunggu jadwal dari Boeing dan FAA sebelum memperkuat rencana dan logistik untuk mengembalikan Max ke udara,” kata Southwest dalam sebuah pernyataan.

“Kami melanjutkan pekerjaan kami untuk mengevaluasi opsi untuk memperkenalkan Max kembali ke jadwal kami,” imbuh mereka.

Kursus Penyegaran

Maskapai yang berbasis di Dallas itu telah memberikan semua pilotnya kursus penyegaran B737 Max selama 60 hari, dimulai sejak 1 September.

“Perusahaan mengakui masih ada sejumlah besar pilot yang bahkan belum menerbangkan Max,” kata Matthew Cain, seorang kapten Southwest dan ketua komite keselamatan serikat.

Dengan mewajibkan semua penerbang dilatih untuk menerbangkan Max, maskapai ini berharap dapat menghindari ketidaknyamanan di antara penumpang yang gelisah ketika pilot pengganti dibutuhkan, katanya.

Serikat pekerja memperkirakan akan dibutuhkan 200 jam kerja untuk membuat 34 pesawat Max yang mendarat di Southwest siap untuk terbang lagi, sementara maskapai menempatkan jumlah itu di “rata-rata 120 jam plus per pesawat.”

Facebook Comments