Air Canada Tak Pakai “Ibu-Bapak” untuk Sapa Penumpang - Aviatren

Air Canada Tak Pakai “Ibu-Bapak” untuk Sapa Penumpang

October 29, 2019

AVIATREN.com – Awak kabin maskapai Air Canada tidak akan lagi menyapa penumpang dengan menyebut mereka “ibu atau bapak,” perusahaan mengumumkan, dalam upaya untuk memasukkan semua jenis kelamin.

Sebagai gantinya “ibu dan bapak” khusus gender (atau “mesdames et messieurs” dalam bahasa Perancis), pramugari harus memanggil penumpang sebagai “semuanya” atau “tout le monde“.

Pengumuman itu dibuat pada akhir pekan, seperti yang dikutip AVIATREN dari www.businessinsider.com. Pihak maskapai belum menentukan kapan perubahan itu diterapkan.

“Perubahan akan ditampilkan di papan pengumuman sebagai bagian dari komitmen kami untuk menghormati identitas seksual, keragaman, dan inklusi,” dikutip dari sebuah memo.

Seorang juru bicara perusahaan juga mengatakan, “Kami bekerja keras untuk memastikan semua karyawan merasa seperti anggota keluarga Air Canada yang berharga, sambil memastikan pelanggan kami merasa nyaman dan dihormati ketika mereka memilih untuk bepergian bersama kami.”

Perubahan kebijakan terjadi empat bulan setelah pemerintah Kanada mulai mengizinkan warga non-biner untuk menandai gender mereka sebagai “X,” baik pria maupun wanita, di paspor mereka.

Dikutip AVIATREN dari Business Insider, Selasa (29/10/2019), banyak maskapai yang telah mengambil langkah tersebut untuk mengenalkan netralitas gender dalam beberapa bulan terakhir.

Awal tahun ini, maskapai AS yang diwakili oleh kelompok perdagangan Airlines untuk Amerika, mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan opsi “X” untuk penumpang non-biner pada boarding pass mereka mulai Juni 2019.

Pada bulan Maret, United Airlines juga menjadi yang pertama di AS yang meluncurkan opsi gender non-biner untuk pelanggan yang memesan penerbangan – kini menawarkan bentuk gender- netral “Mx” di samping “Mr” dan “Ms.”

Facebook Comments