Pilot dan Awak Kabin di India Dilarang Main TikTok di Pesawat - Aviatren

Pilot dan Awak Kabin di India Dilarang Main TikTok di Pesawat

November 1, 2019

A320 Air India (AirIndia.in)

AVIATREN.com – Otoritas penerbangan India meminta maskapai penerbangan negara setempat untuk menindak perilaku awak kabin, setelah video TikTok yang menunjukkan awak kabin bernyanyi dan menari saat bertugas di pesawat.

Peringatan tersebut dibuat setelah menemukan bukti dari media sosial, terutama pada TikTok, yang menampilkan pramugari yang sedang sibuk mendengarkan lagu atau parodi dialog film, saat berada dalam pesawat terbang.

Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil (DGCA) telah mengingatkan semua maskapai untuk mengontrol perilaku tersebut dan menyelidiki laporan tersebut.

“Kami telah mengeluarkan instruksi dan mengatakan kepada mereka bahwa ini (video TikTok) tidak layak,” kata seorang pejabat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di India, dikutip AVIATREN dari Reuters, Jumat (1/11/2019).

Surat himbauan juga telah dikirim ke maskapai akan larangan pertunjukan teatrikal di dalam pesawat, yang dapat membahayakan keselamatan penumpang.

Sebelumnya, video TikTok yang memperlihatkan anggota awak kabin SpiceJet tersenyum dan berjalan menyusuri lorong sebuah pesawat penuh penumpang dilaporkan oleh media lokal India. Video itu mendapat kecaman dari orang-orang di media sosial.

SpiceJet mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa awak kabinnya sangat dilarang memotret atau merekam video di atas pesawat, dan mereka mengambil tindakan tegas terhadap para pelanggar.

AirAsia India mengatakan akan memastikan stafnya mematuhi pedoman internal yang ketat untuk penggunaan media sosial.

IndiGo mengatakan telah menerima himbauan dari regulator dan akan mengambil tindakan yang sesuai jika diperlukan.

Vistara mengatakan penggunaan media sosial oleh karyawan secara jelas tercantum dalam pedoman mereka, dan disampaikan dalam pelatihan yang diberikan.

Dimiliki oleh ByteDance China, TikTok adalah salah satu aplikasi paling populer di dunia. Aplikasi tersebut di India, telah diunduh lebih dari 350 juta kali.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah video pendek dengan efek khusus. Tagar seperti #crewlife, #flightattendant sering digunakan untuk video yang melibatkan kru maskapai dan memiliki sekitar 170 juta unggahan di platform.

Beberapa video menunjukkan kru dari maskapai penerbangan seperti IndiGo, AirAsia India dan Vistara, sebagian dimiliki oleh Singapore Airlines, bernyanyi, menari atau berjalan-jalan di sepanjang lorong pesawat.

Facebook Comments