Ilustrasi Korean Air dan Asiana Airlines.

AVIATREN.com – Maskapai Korean Air Lines Co. dikabarkan bakal mengakuisisi maskapai Asiana Airlines Inc. Nilai akuisisi tersebut mencapai 2,5 triliun won atau setara Rp 31,8 triliun.

Transaksi ini akan menjadikan Korean Air sebagai maskapai terbesar ke-10 di dunia, berdasar jumlah armada.

Menurut situs berita Yonhap News, Korean Air akan menjual saham baru senilai 2,5 triliun won untuk mendanai kesepakatan tersebut, dengan sang induk Hanjin KAL Corp. menyuntikkan 800 miliar won.

Korean Air yang saat ini menjadi maskapai penerbangan terbesar ke-18 di dunia, juga akan membeli 30,77 persen saham Asiana Airlines melalui Korea Development Bank (KDB).

KDB, yang juga pimpinan kreditur Asiana berencana menginvestasikan 500 miliar won pada saham yang akan diterbitkan oleh Hanjin KAL, dan 300 miliar won pada obligasi konversi perusahaan tersebut.

Hanjin KAL bakal menyerahkan letter of intent kepada KDB awal pekan ini untuk melanjutkan kesepakatan tersebut.

Sebelumnya pada Asiana sempat akan dijual kepada HDC Hyundai Development Co pada September lalu. Namun KDB dan Bank Ekspor Impor Korea membatalkan kesepakatan tersebut, karena banyak perbedaan persyaratan kesepakatan dan krisis pandemi COVID-19.

HDC awalnya menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi Asiana senilai 2,5 triliun won. Tetapi HDC menuntut negosiasi ulang, mereka ingin persyaratan kesepakatan harus mempertimbangkan dampak pandemi pada industri penerbangan.