AVIATREN.com – Pemerintah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menggandeng maskapai Garuda Indonesia untuk membuka rute penerbangan langsung Tanjung Pandan-Chengdu, China.

Hal itu diutarakan oleh Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan, Sabtu (28/11/2020), dikutip AVIATREN dari Tempo.co.

Chengdu dipilih karena menurut Gubernur Erzaldi, banyak warga Babel etnis Tionghoa yang berasal dari Provinsi Sichuan. Chengdu sendiri adalah Ibukota provinsi Sichuan.

Menurut kalkulasi dari Great Circle Mapper, rute penerbangan dari Chengdu (ZUUU/CTU) ke Belitung/Tanjung Pandan (WIKT/TJQ), asumsi menggunakan pesawat B737-800, bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam 15 menit.

Bandara di Belitung (HAS Hanandjoedin) sendiri saat ini sudah berstatus bandara internasional, dan mampu menampung pesawat B737 dan Airbus A320.

Rute internasional lain yang pernah dilayani dari Belitung antara lain adalah Singapura dan Kuala Lumpur.

Belum diketahui juga apakah status penerbangan rute Chengdu-Tanjung Pandan ini sifatnya adalah charter atau berjadwal. Garuda Indonesia sendiri belum memberikan pernyataan terkait rencana ini.