pesawat prototipe kedua Boeing 737 MAX 10 yang berhasil melakukan penerbangan perdananya pada Rabu (15/9/2021) siang waktu setempat.
B737 MAX 10 model protipe kedua yang sukses terbang perdana

AVIATREN.com – Pada Juni lalu, pesawat prototipe pertama Boeing 737 MAX 10 sukses melakukan penerbangan pertamanya dan sejauh ini, pesawat tersebut telah melakukan uji terbang beberapa kali.

Kini, giliran pesawat prototipe kedua Boeing 737 MAX 10 yang berhasil melakukan penerbangan perdananya pada Rabu (15/9/2021) siang waktu setempat.

Pesawat tersebut lepas landas dari pabrik pembuatannya di Bandara Renton, AS pada pukul 12.45 waktu setempat dan sampai ke tujuan akhirnya, yaitu Boeing Field, AS pada pukul 15.14 waktu setempat.

Apabila ditarik garis lurus, rute penerbangan ini sebenarnya hanya berjarak 8 km. Namun, jalur penerbangan pesawat ini dibuat berputar dan bolak balik, sehingga penerbangan memakan waktu sekitar 2,5 jam.

Meski sukses melakukan penerbangan pertamanya, pesawat purwarupa ini sejatinya masih menunggu proses sertifikasi oleh pihak terkait dan belum boleh dipakai maskapai penerbangan manapun.

Artinya, akan banyak penerbangan yang ditempuh oleh pesawat tersebut untuk proses uji coba. Hal ini tentunya untuk memastikan agar semuanya berjalan dengan normal dan aman, sebelum nantinya pesawat prototipe ini bisa diizinkan untuk beroperasi secara komersil.

Karena sejarah 737 MAX yang bisa dibilang “kelam” lantaran sempat dilarang terbang akibat mengalami dua kecelakaan fatal dalam beberapa bulan pada 2018 lalu, tak menutup kemungkinan proses sertifikasi dan pengujian pesawat ini akan lebih teliti dan mendalam dibanding biasanya.

Kendati masih diuji coba dan belum melalui proses sertifikasi sepenuhnya, pesawat protitipe ini sendiri konon nantinya bakal menjadi pelengkap armada pesawat keluarga 737 MAX dari maskapai penerbangan United Airlines.

Content Writer

View all posts