Inflight WiFi Starlink yang disediakan oleh perusahaan teknologi satelit asal AS SpaceX, yang didirikan oleh Elon Musk.
Delta Airlines

AVIATREN.com – Delta Airlines dikabarkan telah menguji coba layanan internet di dalam pesawat alias Inflight WiFi Starlink yang disediakan oleh perusahaan teknologi satelit asal AS SpaceX, yang didirikan oleh Elon Musk.

Hal itu konon sempat diumbar Chief executive Delta Airlines, Ed Bastian dalam sebuah wawancara dengan TheWallStreetJournal beberapa waktu lalu.

Menurut Ed, pihak Delta Airlines dan SpaceX selama ini memang tengah berdiskusi terkait proses uji coba internet satelit tersebut selama beberapa waktu belakangan.

Ed sendiri dikabarkan tak berkata banyak soal pengujian internet Starlink tersebut. Namun, Vice President Commercial Sales Starlink, Jonathan Hoffeler sempat mengatakan pada Juni 2021 lalu bahwa mereka sedang melakukan jajak pendapat dengan para maskapai penerbangan yang tertarik dengan layanan internet Starlink, boleh jadi termasuk Delta Airlines tadi.

Tidak disebutkan di pesawat Delta Airlines apa layanan internet Starlink ini diuji coba. Namun, CEO SpaceX, Elon Musk sempat mengatakan bahwa tiap antena Starlink memang harus disertifikasi terlebih dahulu untuk tiap tipe pesawat.

Pada tahap awal, Musk menyebut bahwa ia fokus ke sejumlah pesawat penumpang populer seperti Boeing 737 dan Airbus A320.

Terlepas dari rumor yang menyeruak ini, belum bisa dipastikan apakah kabar uji coba internet Starlink ini memang telah dilakukan Delta Airlines atau tidak. Belum ada informasi juga maskapai apa saja yang bakal melakukan uji coba internet Starlink di pesawat mereka.

Yang jelas, SpaceX sendiri sebelumnya sudah mengajukan permohonan kepada Federal Communications Commission (FCC) pada Agustus 2021, supaya mereka bisa memasang antena Starlink yang kuat terhadap berbagai cuaca buruk di berbagai moda transportasi seperti pesawat, kapal, dan lain sebagainya.

Beberapa bulan setelahnya, sebuah dokumen FCC menguak bahwa SpaceX sudah boleh diizinkan untuk menguji coba perangkat internet alias “mobile user terminal” di pesawat selama enam bulan ke depan.

Pengujian ini konon melibatkan Delta Airlines, seperti rumor yang telah disebutkan di atas. Meski sudah diuji coba, beberapa analis menyebut bahwa internet Starlink yang dihadirkan SpaceX bakal membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dihadirkan secara komersil di pesawat terbang.

Sebab, maskapai harus merelakan menyiapkan pesawatnya supaya dipasang oleh antena-antena yang bisa menerima sinyal internet Starlink dari berbagai satelit SpaceX, sebagaimana dirangkum Aviatren dari Engadget, Sabtu (23/4/2022).

Content Writer

View all posts