Pilot Pesawat T-50i Golden Eagle Yang Jatuh di Blora Dinyatakan Meninggal

Lettu Pnb. Allan Syafitra Indra Wahyudi dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat T-50i Golden Eagle di Blora, Senin (18/7/2022).

AVIATREN.com – Lettu Pnb. Allan Syafitra Indra Wahyudi, S.T (Han) dinyatakan meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat T-5oi Golden Eagle di Desa Nginggil, Blora, Jateng pada Senin (18/7/2022) malam. Lettu Pnb. Allan sejatinya akan melakukan latihan night intercept.

Kadispen AU, Marsma TNI Indan Gilang mengonfirmasi jika Lettu Allan meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut, dikutip AVIATREN dari Beritajatim.com, Selasa (19/7/2022).

“Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi, S.T (Han) mengalami kecelakaan saat menjalani latihan terbang malam. Pesawat TT-5009 yang diterbangkan, melakukan kontak radio terakhir pada 19.25 WIB, dan akhirnya dilaporkan jatuh,” kata Marsma Gilang dalam keterangan tertulis.

Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi adalah salah satu perwira penerbang lulusan AAU tahun 2015 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 2017. Ia meninggalkan seorang istri dan anak yang masih balita.

Lettu Pnb Allan Safitra sudah memiliki puluhan jam terbang bersama pesawat T-50i Golden Eagle. Ia merupakan penerbang pesawat T-50i Golden Eagle lulusan Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi pada tahun 2018 silam. Kelulusan Lettu Pnb Allan Safitra ditandai dengan acara tradisi terbang solo pada 27 Oktober 2018.

Sebelumnya, Kepala Penerangan Lanud Iswahjudi, Mayor Sus Yudha Pramono mengonfirmasi bahwa salah satu pesawat T-50i Golden Eagle TNI AU ada yang hilang kontak. Pihak TNI AU kemudian mendapatkan laporan bahwa ada pesawat jatuh di daerah Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora, Jawa Tengah pada pukul 20.39 WIB.

Ini merupakan kecelakaan pesawat T-50i Golden Eagle TNI-AU yang ketiga. Sebelumnya, T50 Golden Eagle TNI AU jatuh saat melakukan atraksi dalam Gebyar Dirgantara di Bandar Udara Adisutjipto, Minggu 20 Desember 2015.

Kecelakaan tersebut menewaskan dua orang pilot TNI-AU, yakni Letkol Pnb Marda Sarjono dan Kapten Pnb Dwi Cahyadi.

Kemudian, pada Agustus 2020, satu lagi pesawat T-50i Golden Eagle mengalami kecelakaan tergelincir di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur. Letkol Pnb Anumerta Luluk Teguh Prabowo meninggal dalam peristiwa itu.

T-50i Golden Eagle adalah pesawat jet latih single engine, menggunakan mesin General Electric F404-GE-102, dengan kemampuan terbang mencapai 1,5 Mach.

Selain menjadi pesawat latih, T-50i juga bisa digunakan untuk menjalankan peran sebagai pesawat tempur yang ditempatkan di garis depan.

Advertisement