CN235 PT DI yang dikirim untuk AU Senegal.

AVIATREN.com - PT Dirgantara Indonesia (PT DI) hari ini, Selasa (27/12/2016) mengirimkan pesawat (delivery flight) CN235 pesanan angkatan udara Senegal. Upacara peresmian pengiriman pesawat dilakukan di hangar PT DI di Bandung, Jawa Barat.

CN235-220M dengan nomor registrasi AX-2344 itu diklaim mengusung sistem avionik terbaru dan full glass cockpit. Pesawat ini dibeli oleh A.D Trade Belgia untuk AU Senegal. CN235 tersebut diterbangkan dari Bandung menuju Dakar, Senegal ini merupakan pesawat multiguna yang difungsikan untuk evakuasi medis, angkut penerjun, kargo, sipil maupun VIP dan VVIP.

Dirut PT DI Budi Santoso mengatakan kontrak pembelian ini merupakan pembelian ke empat kalinya oleh A.D Trade Belgia. Sebelumnya A.D Trade Belgia juga telah membeli tiga unit CN235 dari PT DI. Ketiga pesawat tersebut telah digunakan oleh Burkina Faso sebanyak dua unit dan Venezuela 1 Unit.

“Pesawat CN235-220 produk PT DI sudah dikenal luas di berbagai negara sebagai pesawat multiguna yang efektif dan dapat beriperasi dari landasan dengan kondisi terbatas,”kata Budi seperti dikutip Aviatren dari Warta Ekonomi, Selasa (27/12/2016).

CN235-220M Multi Purpose Aircraft untuk Angkatan Udara Senegal, sambung Budi akan diterbangkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Dakar, Senegal dengan memakan waktu selama sembilan hari.

“Rutenya Bandung-Medan-Kolombo-Maldives-Pakistan-Riyadh-Khartoum-Chad-Burkina Faso-Dakar hingga Senegal,” pungkasnya.