Airbus A380 Emirates.

AVIATREN.com – Kabin kelas ekonomi premium di sejumlah penerbangan Emirates tampaknya makin naik daun seiring berjalannya waktu.

Saking populernya, maskapai asal Dubai tersebut belum lama ini mengumumkan pihaknya bakal menghadirkan fitur baru (retrofit) berupa kelas penerbangan ekonomi premium di sejumlah pesawat Airbus A380 dan Boeing B777 milik mereka.

President Emirates, Tim Clark mengatakan proses retrofit kabin ekonomi premium ini dilakukan lantaran tingginya respons positif dari para penumpang terkait pelayanan untuk kelas penerbangan tersebut.

“Kami menerima respons yang cukup baik atas kelas ekonomi premium yang telah kami perkenalkan sekitar setahun yang lalu,” kata Clark dalam sebuah pernyataan yang diumumkan di Dubai Airshow 2021 belum lama ini.

Nantinya, kabin ekonomi premium bakal hadir di 105 pesawat Emirates, mencakup 52 unit pesawat A380 dan 53 unit B777.

Di pesawat 777, Emirates bakal menyulap lima baris di kabin kelas ekonomi demi memberikan ruang untuk 24 kursi kelas ekonomi premium dalam konfigurasi kursi 2-4-2.

Sementara di pesawat A380, akan ada 56 kursi yang diposisikan di dek utama yang juga memiliki konfigurasi kursi 2-4-2.

Adapun proses retrofit kabin ekonomi premium di ratusan pesawat Emirates ini sendiri disebut bakal memakan waktu selama 18 bulan dan bakal dimulai pada akhir 2022 mendatang.

Saat ini, penumpang yang ingin merasakan kabin kelas ekonomi premium Emirates sendiri bisa menemukannya di enam unit pesawat A380 dengan rute Frankfurt, Heathrow (London), JFK (New York), atau Paris.

Artinya, apabila proses retrofit kabin kelas ekonomi premium Emirates di 105 pesawat A380 dan B777 tadi rampung, maka maskapai ini bakal memiliki 111 pesawat yang memiliki kabin kelas ekonimi premium.

Selain penambahan kabin kelas ekonomi premium, Clark juga mengatakan pihaknya berencana untuk menghadirkan kelas bisnis pada pesawat 777 yang memiliki konfigurasi kursi 1-2-1, lebih lega dari konfigurasi kursi 2-3-2 yang ada saat ini.

Meski demikian, detail dari rencana tersebut masih dirahasiakan oleh Emirates. Kita nantikan saja.

Content Writer

View all posts