ANA Pensiunkan B777 Livery Spesial Star Wars BB-8 Droid

B777 ANA JA789A livery BB-8 Droid Star Wars.

AVIATREN.com – Hari yang menyedihkan akan segera datang, tidak hanya bagi penggemar dunia aviasi, namun juga bagi penggemar Star Wars, karena pada 31 Maret 2022, menandai penerbangan terakhir dari pesawat BB-8 All Nippon Airways (ANA).

Hal itu disampaikam ANA melalui kanal media sosialnya. “On March 31st, the BB8™ ANA JET will take off on its last flight 👋 “The Force will be with you, always…” demikian tulis akun resmi Facebook All Nippon Airways.

Boeing 777-381ER registrasi JA789A telah menggunakan livery BB-8 Droid, karakter robot di film Star Wars ini sejak 2016 lalu, hasil kerja sama dengan Lucasfilm mempromosikan film terbaru Star Wars: The Forc Awakens.

Selama ini, pesawat tersebut sering digunakan untuk penerbangan rute Tokyo (Narita)-Chicago.

Memang terasa mengejutkan kalau ANA memilih untuk memensiunkan JA789A begitu cepat, mengingat betapa sangat populer dan disukainya pesawat livery spesial ini, juga mengingat usia pesawat Boeing 777 ini relatif muda sejak dikirim ke maskapai pada 2010 – sehingga umurnya masih di bawah 12 tahun.

Namun jika menilik ke belakang, tak mengherankan jika ANA memutuskan untuk memensiukan pesawat ini, sebab pada 2020 lalu, ketika pandemi Covid-19 melanda pertama kal, ANA menyatakan mereka harus mempensiunkan sekitar 35 pesawat dari armadanya yang relatif besar karena beban keuangan.

Ditambah lagi dengan dengan pembatasan perjalanan internasional dari dan ke Jepang, yang mengizinkan hingga 7.000 pengunjung setiap hari untuk bekerja atau belajar.

Karena itu, B777 livery spesial BB-8 Droid ini harus dipensiunkan. Untuk merayakan pensiun dini ini, ANA menyelenggarakan penerbangan perpisahan khusus yang bisa dipesan pada hari ini, dari bandara Tokyo (Haneda) ke Okinawa (Nawa) dan Sapporo (Chitose).

Adapun masa depan bodi dan mesin pesawat, masih belum ditentukan oleh ANA.